Rabu, 11 Januari 2012

sejarah internet.


tahukah anda tentang sejarah munculnya pertama kali internet??

Sejarahnya ternyata dimulai pada tahun 1969, US. Defense Advanced Research Project Agency (DARPA), atau departemen pertahanan pertahanan milik Amerika Serikat mengadakan sebuah penelitian tentang bagaimana cara menghubungkan sejumlah computer sehingga membentuk sebuah jaringan organik.



Penelitian ini dikenal sebagai ARPANET. Berkat penelitian ini, pada tahun 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga bias saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan.


First ARPANET IMP Log - 29 October 1969

Pada Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program yang kita kenal sekarang dengan nama “Email”.

Program ini sangat cepat popular. Saat itu juga, diperkenalkanlah icon “@” sebagai lambing penting untuk menunjukan “at”.

Tahun 1973, perkembangan ARPANET ini mulai dikembangkan ke luar Amerika.

Komputer University College di London menjadi komputer pertama di luar jaringan amerika yang menjadi anggota jaringan ARPANET.
Arpanet Logical Map - March 1977

Arpanet Logical Map - March 1977

Dan pada tahun ini juga ada 2 orang ahli komputer yaitu Vinton Cerf dan Bob Kahn mempunyai sebuah gagasan besar yang menjadi pemikiran dasar Internal Network (Internet).

Pemikiran ini pertama kali di percobakan di Universitas Sussex.

Pada tanggal 26 maret 1976, merupakan hari yang cukup bersejarah dalam dunia perkembangan internet di Inggris, ketika Ratu Elizabeth, Inggris, mengirimkan sebuah email dari Royal Signals dan Radar Establishment di Malvern.
Dan pada tahun 1977, lebih dari 100 komputer telah bergabung dalam jaringan ARPANET.

Tahun 1979, berdirilah sebuah newsgroups pertama yang didirikan oleh Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bollin. Newsgroups itu diberi nama USENET.

Dan pada tahun 1981, France Telecom menemukan sebuah gebrakan dengan menemukan telepon televisi pertama atau yang sekarang orang menyebutnya Video Streaming. Dimana orang bias berbicara dan terhubung video link.

Semakin lama perkembangan ARPANET semakin mengalami kemajuan yang pesat, dengan terbukti semakin banyaknya komputer yang menjadi anggota jaringan ARPANET.

Tim Berners Lee - World Wide Web

Perkembangan ini membuat jaringan tersebut membutuhkan sebuah protocol resmi yang diakui oleh semua jaringan. Maka pada tahun 1982, dibentuklah sebuah Transmission Control Protocol atau TCP dan IP.

Dalam perkembangan ARPANET, di Eropa muncul jaringan komputer tandingan yaitu Eunet. Eunet ini menyediakan jasa jaringan komputer di negara-negara Belanda, Inggris, Denmark dan Swedia.

Jaringan Eunet menyediakan jasa e-mail dan newsgroup USENET. Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984 diperkenalkan domain name system, yang kini kita kenal dengan DNS.


Tahun 1990, Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer lainnya, yang terhubung dengan jaringan-jaringan itu.

Program ini disebut www, atau World Wide Web. Pada Tahun 1992, komputer yang membentuk jaringan sudah mencapai 1.000.000 komputer, dan muncul istilah surfing (menjelajah).

2 tahun kemudian, setelah muncul program www, situs-situs dunia maya bermunculan 3.000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di situs.

Di tahun yang sama Yahoo! Didirikan, yang juga sekaligus tahun kelahiran Netscape Navigator 1.0.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar